Monday, March 28, 2016

Mahfud MD: Jogja Independent Terinspirasi Teman Ahok

Pekan lalu sejumlah tokoh di Yogyakarta mendirikan Jogja Independent (Joint) untuk menyongsong pemilihan wali kota 2017. Joint akan menjadi alternatif lain masyarakat yang ingin berpartisipasi di Pilwalkot Yogya melalui jalur non partai. 

Sejumlah tokoh yang terlibat dalam pembentukan Joint antara lain: mantan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Prof Dr Edy Suandi Hamid, mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas, mantan Wali Kota Yogyakarta, Herry Zudianto, pakar ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr Rimawan Pradiptya serta para seniman/budayawan, mantan politikus, aktivis dan lain-lain.

Baca juga: Busyro Dkk Deklarasikan Gerakan Calon Walikota Independen Kota Yogya

Jogja Independent dideklarasikan pada Minggu, 20 Maret 2015 lalu. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md mengaku ikut menggagas pembentukan Joint ini. Sayang saat deklarasi Mahfud tengah berada di Makassar menghadiri acara jalan sehat Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI). 

"Jogja Independent ini terinspirasi dari Teman Ahok," kata Mahfud saat bersama pengurus KAHMI berkunjung ke kantor redaksi detikcom, Senin (28/3/2016). 

Teman Ahok adalah sekumpulan anak muda yang menggalang dukungan untuk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) agar maju Pilgub Jakarta melalui jalur independen. 

Sementara salah satu anggota Joint, Edy Suandi Hamid mengatakan saat ini pihaknya telah menjaring sejumlah nama untuk dimunculkan sebagai calon Wali Kota Yogyakarta. 

"Sampai saat ini, Joint masih menjaring nama-nama. Dari nama-nama tersebut nantinya akan dimunculkan sebagai calon Walikota Yogyakarta yang akan maju dari jalur independen dalam pilkada 2017 mendatang," kata Edy Suandi Hamid kepada wartawan di sekretariat Jl Tirtodipuran, Yogyakarta, Minggu (27/3/2016) kemarin.

No comments:

Post a Comment