Wednesday, March 23, 2016

Sejak Jokowi-Ahok, standar pemimpin Jakarta melebihi daerah lain

Sejak Jokowi-Ahok, standar pemimpin Jakarta melebihi daerah lain
Pelantikan Jokowi-Ahok. ©2012 Merdeka.com/arie basuki
Merdeka.com - Suhu politik di DKI Jakarta semakin memanas meski gelaran Pemilihan Gubernur DKI Jakarta baru dilaksanakan tahun depan. Tidak heran, dengan menyandang predikat ibu kota negara, Jakarta menjadi barometer aktivitas politik nasional.
Koordinator Formmapi Sebastian Salang menuturkan, sejak Jakarta dipimpin duet Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), standar kepemimpinan ibu kota naik kelas di mata masyarakat.
"Untuk Jakarta standarnya sudah melebihi daerah lain. Kedua, partisipasi publik sudah luar biasa karena pemimpin lalu (Jokowi) melahirkan kepercayaan kepada masyarakat, jadi optimisme masyarakat. Namun juga buat standar jadi lebih tinggi," ujar Sebastian dalam sebuah diskusi di Dress Kopitiam, Jakarta Pusat, Rabu (23/3).
Sebastian menilai gebrakan baru dan citra positif pembangunan Jakarta di bawah kepemimpinan Ahok melahirkan harapan baru dari ketidakpercayaan masyarakat pada pemimpin yang selama ini korup. Masyarakat DKI membutuhkan model pemimpin yang bisa mengembalikan kepercayaan publik pada pemerintahan.
"Karena dia sudah buka isi perut Jakarta, lalu kebijakan publiknya sudah bagus. PBB di bawah Rp 1 miliar sudah dihapuskan lalu dia (Ahok) buka semua data di Pemprov DKI," jelas dia.
Meski memuji Ahok, Sebastian tidak meremehkan bakal calon lain yang selama ini sudah mulai tampil di publik. Dia mengingatkan, kunci kemenangan bakal calon gubernur terletak pada kepercayaan masyarakat dan hal baru yang akan dijalankan nanti.
"Hal yg dibutuhkan ke depan adalah transparansi, public Service, Komitmen dan kepribadiannya," tegasnya.

No comments:

Post a Comment