Monday, March 28, 2016

Dinas Pendidikan DKI Anggarkan Rp 3 T Untuk Rehab 627 Sekolah Tahun 2017

 Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3 triliun untuk merehabilitasi ratusan bangunan sekolah di Jakarta. Rencananya anggaran tersebut akan dimanfaatkan untuk merehab sebanyak 627 gedung sekolah pada tahun 2017.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta Sopan Adrianto menjelaskan, anggaran sebesar Rp 3 T itu diajukan sebagai rencana kerja Dinas Pendidikan di tahun 2017. Sopan menjelaskan dari total 627 sekolah yang akan direhab, sebanyak 133 gedung harus direhab total.

"Ada 133 sekolah yang harus direhab total alokasi anggaran sebesar Rp 1,99 triliun. Kegiatan rehab berat untuk 357 gedung sekolah alokasi anggaran sebesar Rp 942 miliar," kata Sopan di kantor Dinas Pendidikan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin 928/3/2016)

Sementara itu kegiatan rehab sedang untuk 137 gedung sekolah, dialokasikan anggaran sebesar Rp 125 miliar. Sehingga totalnya mencapai Rp 3 triliun lebih.

Baca juga: 156 Gedung Sekolah Rusak di Jakarta Akan Diperbaiki Tahun ini

Lebih lanjut, Sopan menargetkan pada satu tahun rehab selesai tidak ada lagi proyek yang mangkrak. Hal itu untuk memastikan seluruh proses belajar mengajar berjalan lancar.

"Fokus kami adalah peningkatan mutu pendidikan. Kami merancang satu tahun, rehab sekolah selesai. Tidak ada lagi yang mangkrak. Makanya kita mau mengubah sistem, agar sekolah dapat digunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar," kata Sophan.

Untuk memastikan tidak ada lagi kejadian tiga bulan setelah direhab sekolah ambruk, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Perumahan. Disdik DKI juga akan menggunakan sistem lelang manajemen konstruksi dengan skema konsolidasi agar proses tender menjadi lebih efektif dan efisien.

"Manajemen konstruksi itu bertanggung jawab untuk proses perencanaan dan pengawasan pekerjaan fisik. Dengan konsolidasi, kami berharap tidak ada perusahaan atau pemborong yang pinjam bendera," jelasnya.

No comments:

Post a Comment