Tuesday, January 17, 2017

Janji Anies ke Lansia: Tunjangan Rp 300 Ribu Tiap Bulan

Cagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyapa komunitas warga Lanjut Usia (Lansia) dan anak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pelayanan kesehatan serta kesejahteraan bagi warga lanjut usia menjadi janji kampanyenya.

Anies yang menggunakan kemeja koko putih hadir menyapa warga yang mayoritas ibu-ibu di Jalan Sitrun RT 06 RW 10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (17/1/2017). Dalam kampanyenya, Anies menjanjikan program pelayanan kesehatan yang diprioritaskan untuk warga lanjut usia. 

"Untuk ibu-ibu, bapak-bapak yang lanjut usia, nanti akan kami berikan program pelayanan kesehatan, dengan memberi jaminan kesehatan," katanya kepada warga.

Anies menilai pelyanan kesehatan khususnya untuk warga lanjut usia saat ini belum maksimal. Dia menyebutnya dengan pelayanan kesakitan.

"Jadi kami akan lakukan pelayanan kesehatan. Kita akan menyiapkan pelayanannya, kalau sekarang ini bukan pelayanan kesehatan, tapi pelayanan kesakitan, sakit baru dilayani," ujarnya.

Pelayanan kesehatan yang akan dilakukan Anies adalah dengan mendatangi langsung rumah warga. Nantinya akan disiapkan petugas memeriksa kesehatan warga di setiap rumah.

"Besok kita akan berikan pelayanan kesehatan. Nanti akan ada petugas kesehatan yang pekerjaannya adalah mendatangi rumah-rumah ibu semua, memeriksa kesehatan. Jadi keliling kampung-kampung," jelasnya.

Hal ini dilakukan Anies agar warga terjaga kesehatannya. Hal ini dilakukan khususnya warga lanjut usia.

"Jadi kita nggak mau nunggu sampai parah, kami menjaga sampai tidak sakit. Yang paling rentan adalah warga lanjut usia," imbuhnya.

Anies kemudian sempat menyapa warga berumur 80 tahun. "Ibu berapa bu umurnya?" tanyanya ke seorang warga.

"Delapan puluh pak umur saya," jawab warga tersebut sampai mengangkat jari 8.

"Kalau sudah usia 80 itu, flu dan pilek aja berat bu. Jadi yang kayak begini harus diperhatikan," jelasnya.

Selain itu, Anies juga memberi janji lainnya untuk warga lanjut usia. Di antaranya adalah pemberian tunjangan bulanan Rp. 300 ribu untuk warga lansia.

"Ibu, bapak sekalian, berikut rencana kami lainnya khusus untuk warga lanjut usia. Saya bacakan, pertama kita akan berikan tunjangan hari tua sebesar Rp. 300 ribu per bulan. Layanan kondisi darurat, kemudian transportasi di Jakarta di manapun gratis untuk orang lanjut usia," pungkasnya. 

No comments:

Post a Comment