Thursday, October 22, 2015

Ridwan Kamil pamer teknologi pengolahan sungai bersih di Bandung

Klaim sungai bersih yang dilakukan fans Ahok membuat Wali Kota Bandung Ridwan Kamil merasa perlu meluruskan. Kang Emil meminta fans Ahok tak asal memberikan data, sebab proyek pembangunan sungai kecil di Epicentrum tersebut turut melibatkan dia sebagai arsitek bersama timnya.

Ahok juga ikut komentar. Menurutnya sungai buatan Ridwan Kamil itu seperti 'tipuan', karena air kotor sebenarnya mengalir di bawahnya. Sementara yang kelihatan bersih cuma di atas.

Seperti menanggapi ucapan Ahok, Kang Emil pun memamerkan salah satu teknologi pembersihan sungai di Bandung.

"Inovasi penjernihan sungai skala kecil di Sungai Cikapayang Jln Merdeka. Diresmikan awal 2015 ini," demikian dikutip dari fanpage Ridwan Kamil, Kamis (22/10).

Tak hanya itu, Emil juga membeberkan kinerja dari teknologi pembersihan sungai buatannya tersebut. Bahkan, dia juga memasang video untuk membuktikan perkataannya.

"Air kotor masuk rumah pompa filter. setelah diolah, air masuk lagi ke sungai jadi lebih bersih. Air mengalir terus. Tahun depan teknologi buatan Bandung ini akan diterapkan di sungai Cikapundung. Semoga lancar."

Belakangan netizen dibuat ramai dengan tampilan sungai Epicentrum, Jakarta Selatan yang indah. Netizen ada yang melemparkan opini bahwa itu karya Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Padahal jelas sungai itu adalah buah tangan Ridwan Kamil yang saat ini menjabat Wali Kota Bandung.

Pria yang karib disapa Emil itu memang sudah meluruskan langsung lewat akun twitternya @ridwankamil, bahwa sungai tersebut merupakan hasil desain firma dan dirinya. Dia berpesan kepada netizen untuk memposting sesuatu berdasarkan fakta dan data.

"Jangan dipanjang-panjangin sana-sani. Kalau hasil kerjanya memang ya silakan tapi kalau bukan ya bukan," kata Emil di Gedung DPRD Jabar, Kamis (22/10).

Emil sendiri bereaksi di media sosial lantaran tak sedikit yang menanyakan kebenaran sungai Epicentrum yang ciamik tersebut.

"Tanyanya ke mereka (netizen). Kenapa memosting itu seolah-olah itu menjadi kerja Pak Ahok. (Saya jawab) Karena saya ada yang nanya. Akhirnya saya klarifikasi," terang pria berusia 44 tahun itu.

Emil sendiri sudah menjelaskan bahwa sungai yang dilengkapi pohon rindang dan asri dikerjakan era Gubernur Fauzi Bowo pada tahun 2007, dan selesai 2010. Sebelum menjadi Wali Kota Bandung, Emil merupakan arsitek kelas dunia yang hasil karyanya membuat decak kagum banyak orang.


No comments:

Post a Comment